Dari Timur ke Barat, bahkan ditengahnya..


Bismillahirrahmanirrahim..
Maha Baik-Nya,, yang memberikan saya inspirasi menulis dimanapun saya pergi..
Tadi siang, saya sedang di Masjid Subulussalam RSUD Pasar Rebo, ternyata ada kajian siang saat itu. Wah.. bikin adem, panasnya Jakarta berubah jadi mendung.

Temans, saya baru sadar *telat banget* ternyata bencana yang menimpa Indonesia ini berlangsung secara adil, kenapa adil? dari tiap bagian, Allah turunkan ujian dalam jangka waktu yang dekat,, dari Timur (Banjir Bandang di Wasior) ke Barat (Tsunami di Mentawai) lalu dilengkapi dengan meletusnya Gunung Merapi di bagian tengah Pulau Jawa.

Subhanallah.. Saya berlindung dari ke-Maha-Kuasa-an Allah atas segala hal yang tak perlu ditanyakan, kenapa bisa terjadi? karena mudah saja bagi Allah memberikan kita -sebagai hamba- peringatan.

Beberapa kali saya mendengar para korban bencana tersebut banyak yang trauma,, bahkan stress dengan bencana-bencana tersebut *wajar saja..* hingga akhirnya mereka berniat untuk pindah ke daerah aman. Yang menjadi pertanyaan saya,, “Dimana daerah yang aman itu?” Di belahan bumi manapun, yang kita anggap aman.. mungkin saja bencana menimpa. Kita nggak pernah tau.. wallahu’alam bi shawab.

Kita hanya perlu bersiapsiaga – waspada – hatihati,, mempersiapkan segala hal yang tak pernah kita tahu, yaitu mempersiapkan kematian yang sudah tertulis ribuan tahun lalu di Lauhful Mahfudz, namun kita tak tahu kapan tepatnya kematian itu datang,, karena (sekali lagi) hanya Allah yang Maha Mengetahui apa-apa yang kita tidak tahu.

Ketika di Jakarta dilanda banjir besar dan sempat diisukan akan tenggelam beberapa tahun lagi *nggak tau deh kapan* saya sempat berfikir, “Hm.. Jakarta bukan tempat yang nyaman lagi”. Dan ternyata diperkuat dengan argumen beberapa teman yang bilang, “Dhay, aku nggak mau kerja di Jakarta, kata Bapakku Jakarta udah nggak nyaman dan aman lagi, entah itu karena kemacetan, banjir, polusi, dll” hmmm.. saya pun berfikir begitu.

Tapi.. tapi.. tapi.. apa ada jaminan bekerja di luar Jakarta akan lebih nyaman dan aman? nggak ada yang bisa menjamin menurut saya. Kalau banyak yang nggak mau bekerja di Jakarta, atau mau pindah dari Jakarta, saya orang pertama yang akan berbahagia *dianAnakJakarta* secara saya rindu banget suasana persawahan di Jakarta. Bisa saja kan kalau Jakarta masuk sebagai “Kota Rehabilitasi”,, sehingga gedung-gedung tinggi pencakar langit itu menjadi tanah pertanian *mimpi saya*. Yah,, tentang bencana, semua itu UJIAN, mau tau nggak kepanjangannya apa? hmm… kasih tau nggak yaa *bikin kesel *  ya udah deh dikasih tau.. UJIAN itu singkatan dari Untuk Jadi Insan Anti Noda. Noda tersebut maksudnya dosa-dosa. Saya dapat istilah tersebut saat mengikuti kajian Ust. Atthabiq Lutfi. Berbahagialah yang mendapatkan UJIAN,, tenang-tenang, nggak usah pada ribut untuk mendapatkan UJIAN. Kita punya UJIAN masing-masing kok ........

Dan terakhir, mau dari timur ke barat, utara ke selatan, tenggara ke barat laut, atau timur laut ke barat daya.. kita nggak perlu khawatir, persiapkan saja kesabaran yang berlipat-lipat dan keikhlasan yang selapang-lapangnya juga optimalisasi penguatan ruhiyah dan jasadiyah untuk LULUS, dari setiap UJIAN yang akan kita hadapi.. okeh.. 

yuks, sama-sama saling mempersiapkan!
DAERAH AMAN = SYURGA
rame-rame ke sono nyok!


“Dan Kami pasti akan menguji kamu dengan sedikit ketakutan, kelaparan, dan kekurangan harta, jiwa, dan buah-buahan. Dan sampaikanlah kabar gembira kepada orang-orang yang sabar, (yaitu) orang-orang yang apabila di timpa musibah, mereka berkata “Innaa lillaahi wa innaa ilaihi raaji’uun”
(sesungguhnya kami milik Allah dan kepada-Nyalah kami kembali)”
QS. 2 : 155-156

16 November 2010,
Idul Adha 1431 H
dianyaa
@Masjid Subulussalam
RSUD Pasar Rebo
Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s