jakarta : kue rangi


Bagi penduduk Jakarta, pasti tau tentang makanan khas ini.. ayo apa namanya? benar.. ini namanya kue rangi. Kue ini merupakan salah satu kue kesukaan saya. Pertama kali saya mencicipi kue ini saat SD, sepulang latihan menari si Sanggar Manunggal daerah Pemadam – Ciracas, bersama dengan partner menari saya : Ratna Dwi Utami. Sore itu kami memutuskan untuk berjalan menuju rumah kami, eh.. pas dijalan ketemu dengan abang-abang yang lagi mangkal, saat itu saya belum tau kue apa yang abang tersebut jual. Tapi karena sudah lapar, akhirnya kami beli. Seingat saya satu loyang kue rangi berharga Rp. 500 saat itu, murah sekali yaa 🙂 .

Alhamdulillah, sampai saat ini saya masih bisa mencicipi kue yang berbahan dasar campuran tepung kanji dan kelapa parut. Rada mirip kue pancong sih, tapi jelas rasanya berbeda dong.. kue rangi rasanya rada manis, karena diatasnya diolesi saus gula yang lembut, saya sangat suka saus gula itu.

Saya bisa membelinya di depan rumah, walaupun tidak setiap hari lewat tapi suka ada abang-abang penjual rangi yang mangkal depan rumah saya,, harganya saat ini pun cukup murah, kalau yang di gambar tersebut satu lembar kue rangi yang terdiri dari 12 sekat, harganya Rp. 1000 – Rp. 1500. Ayo, bagi warga Jakarta yang belum pernah nyobain kue ini.. silahkan mencari dan membelinya.. lumayan untuk nambah-nambah wawasan kulinernya.. 🙂

~ Dian Fitriah – Jakarta, 21 Desember 2010 ~

2 pemikiran pada “jakarta : kue rangi

Tinggalkan Balasan

