Catatan Bunda Guru #4


2 pekan ini di sekolah sedang bertema ‘makanan’. Wah.. Betapa senangnya membahasa tema ini, karena luas pembahasannya. Pekan lalu, kelas kupu-kupu sudah dijelaskan tentang sayur-sayuran. Senin kemarin waktunya praktikum tentang makanan.

Nah, bunda guru memberikan praktikum membuat “Bola-bola Nasi Abon”.. Taraaaaa.. Seperti apa yaa, kupu-kupu1 praktikum hari senin lalu? Hayuk mari.. Lanjut lagi baca ceritanya..

Sejak awal datang, dan melakukan pembiasaan sebelum masuk KBM, kupu-kupu 1 sudah diperkenalkan tentang makanan. Biasanya pembiasaan awal dengan pengenalan ‘Pak Tani punya kandang, hari itu Bunda guru ganti dengan ‘Pak Koki punya piring’. Hahaha πŸ˜€ lucu-lucu deh jawaban mereka saat Bunda guru tanya “piring Pak Koki mau di isi apa teman-teman?”. Mereka jawab : “ayam goreng bunda, nasi, baso bunda, sambel bunda, dll..”

Setelah selesai pembiasaan awal, mereka masuk kelas untuk mendengarkan dan melantunkan Asma’ul Husna. Alhamdulillah beberapa siswa/i kupu-kupu1 sudah banyak yg hampir hafal asma’ul husna. Hayoo.. Ini para Bunda/Yanda – Om/Tante udah pada hafal belum? Jangan sampai kalah dengan teman-teman Juara yaa.. πŸ˜‰ melantunkan 99 nama Allah itu selalu menjadi kegiatan wajib sebelum KBM, setelah itu mereka berdo’a sebelum belajar.

Selesai semua pembiasaan, waktunya masuk praktikum. Bunda Guru terlebih dahulu menjelaskan tentang praktikum hari itu, memperkenalkan tentang bahan pokok pembuatan ‘bola2nasiabon’ beserta pembiasaan menggunakan istilah-istilah bahasa inggris. Hari itu bahan pokoknya adalah : nasi dan abon.

Siswa/i kupu-kupu1 diminta mencuci tangan terlebih dahulu sebelum memulai praktikum.. Dan hwaaaa.. Antusias sekali mereka saat bunda guru membawakan nasi dan abon yang sudah ditaruh diatas wadah.
Mereka duduk rapi melingkar, tapi tetap saja pada maju-maju, seakan-akan terlihat mereka ingin sekali menyentuh langsung bahan pokoknya.
“Bunda.. Aku bunda, aku mau bikin bunda”.. Haha πŸ˜€ “sabar sayang, perhatikan bunda terlebih dahulu, bagaimana cara menbuatnya yaa”

Lalu bunda guru terlebih dahulu menjelaskan bagaimana cara membuat ‘bola2nasiabon’. Satu per satu bunda guru kasih nasi sekepalan tangan, dan mereka membuat nasi tersebut berbentuk bola dengan tangan mereka. Huaaa.. Seru deh, ada yang hancur nasinya tak terbentuk, tapi ada juga yang berhasil membuat kumpulan nasi tersebut menjadi bola. Membuat bola-bola nasi merupakan proses melatih motorik halus pada anak, tangannya dilatih memegang dan membentuk sesuatu yang diperintahkan oleh bunda guru. Yang lucunya, ada yang memakan langsung nasi tersebut, haduh.. Lucunya anak-anak apa-apa selalu ingin dimasukan kedalam mulut. Sambil diberitahukan oleh bunda guru bahwa nasinya boleh dimakan setelah sudah jadi dibuat ‘bola2nasiabon’.

Setelah selesai buat bola-bola nasi, mereka diminta melumuri bola nasi tersebut dengan abon yang sudah disediakan oleh bunda guru. Sama halnya dengan nasi tadi, abonnya ada juga yang langsung dimakan. “Suka yaa?” πŸ˜€ pasti enak sangat neh.. Mereka berebutan melumuri bola-bola nasi tersebut dengan abon dan menaruhnya di wadah.

Bunda-bunda para siswa/i Juara ini ikut menyeringai melihat hasil karya kupu-kupu1, seperti kegiatan ‘cake house’-nya bunda-bunda orangtua Juara. Mereka berebut mau memegang wadah yang diatasnya hasil karya mereka. Selesai foto-foto, baru deh hasil praktikumnya dimakan bersama. Sayang.. Bunda gurunya tidak bisa ikut mencicipi ‘bola2nasiabon’ hasil karya mereka. Tapi dalam sekejab, ludes. Satrya dan Ryan merupakan siswa yang paling banyak menghabiskan πŸ˜€ , kalian..

Alhamdulillah.. Selesai juga praktikum hari itu.. πŸ™‚ bunda guru bahagia, anak-anak pun senang.. πŸ˜€

Hmm.. Pekan depan tentang minuman.. Yuhuuuu.. Kita buat jus yuk.

*interaksi dengan anak-anak pada intinya adalah menyatu.. Menjadi seperti mereka, dan mereka akan mudah berinteraksi bahkan masuk kedalam hatimu dengan nyaman πŸ˜€

dianyaa^^ | shining like a star.. β˜†β˜†β˜†

Iklan

Satu pemikiran pada “Catatan Bunda Guru #4

  1. Ping balik: Bebas dalam penjara

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s