sudah semestinya


“Wahai manusia! Susungguhnya kamu telah bekerja keras menuju Tuhanmu, maka kamu akan menemui-Nya” (surah al-insyiqaaq : 6)

dalam penjelasannya, terpapar bahwa : Manusia di dunia ini baik disadari atau tidak adalah dalam perjalanan kepada Tuhannya. Dan pasti dia akan menemui Tuhannya untuk menerima pembalasan-Nya dari perbuatannya yang buruk maupun baik. (Catattan ke 903 dalam mushaf Al-qur’an dan terjemahan Al-Huda)

Menuju sore.. Saya terperajat dalam pembacaan tafsir surah al-insyiqaaq ini, terus saya dengarkan seksama rangkaian tafsir ibnu katsir jilid 4 tersebut, dalam surah ini dijelaskan bahwa pilihannya hanya 2 : baik atau buruk! Sedang saya terdiam mengingat-ingat perjalanan hidup hingga saat ini, hingga munculah tanya : “Pilihan mana yang akan kamu jalani dian?”

Sambil membaca kembali terjemahannya, hati kembali pilu, ah.. Sampai sedewasa inipun, masih mikir-mikir baik atau buruk. Tergambar lagi bahwa orang yang menerima Catatan Amal dari sebelah kananya, akan diperiksan dengan pemeriksaan yang mudah. Sedang oranh yang menerima Catatan Amal dari sebelah belakang, maka dia akan berteriak, “Celaka-lah aku”. Mana yang mau dipilih?

Harusnya tak perlu ragu lagi, dian! Padahal jawabannya hanya 1 jika ingin bertemu Tuhan dengan Husnul Khotimah dan menerima catatan amal dari sebelah kanan, yaitu :

“dan patuh kepada Tuhannya, dan sudah semestinya Patuh” (surah al-insyiqaaq : 5)

Patuh akan membawa kita pada jalan kebaikan, jalan (semoga) kita menempuh husnul khotimah. Sudah semestinya, dan tak perlu ragu lagi jika suatu masa dibenturkan dengan jalan buruh yang sudah kita ketahui sebab-akibat-nya.

Sekali bertanya, jalan mana yang akan engkau pilih wahai manusia?

Menuju senja dengan derasnya hujan di Dzulhijah ke 4.

dianyaa^^ | shining like a star.. ☆☆☆

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s