LDKI 2012


Jakarta – 5 Mei 2012, merupakan awal momentum baru bagi adik-adik kelas 12 ROHIS SMAN 58 Jakarta untuk mempersiapkan diri menjadi pengurus ILUNI ROHIS 58 (Ikatan Alumni Rohani Islam 58 Jakarta). Acara ini dilaksanakan di Villa As-syafi’iyah Cilangkap Jakarta Timur milik seorang ustadz.

Peserta yang berjumlah 23 orang ini berkumpul jam 7 pagi di Jalan As-Syaf’iyah bersama alumni. Mereka berjalan sekitar 1 kilometer menuju villa tersebut. Sampai di villa, peserta melaksanakan aktifitas ibadah (shalat dhuha, tilawah, dll). Selanjutnya, penyampaian materi pertama tentang Peran ADS (Aktivitas Dakwah Sekolah) dan Urgensi Dakwah Sekolah, oleh Rahmat Budiyanto alumni SMAN 58 Jakarta angkatan 2009. Materi ini diberikan kepada peserta bertujuan untuk memberikan pemahaman tetang peran alumni dalam menyukseskan aktiitas dakwah sekolah, sehingga kewajiban alumni 2 tahun menjadi ADS SMAN 58 Jakarta dapat mereka penuhi karena pemahaman mereka akan peran serta tersebut. Menjadi ADS 58 itu tandanya, 2 tahun setalah lulus SMA maka ia tetap melaksanakan aktifitas dakwahnya ke sekolah. Setalah 2 tahun berlangsung, maka mereka diberikan pilihan untuk bisa aktif ke dakwah kampus, dakwah profesi, dakwah masyarakat, atau tetap menjadi aktifitas dakwah sekolah. Mendampingi adik-adik pengurus @rohis58 selama 2 tahun hingga mempersiapkan mereka kembali menjadi pengurus rohis dan pengurus ILUNI Rohis 58, yaa.. pewarisan. Itu yang menjadi tujuan utama 2 tahun alumni menjadi ADS.

Selesai materi pertama, dilanjutkan dengan presentasi peserta yang sudah dikelompokan menjadi 3 kelompok. Sebelumnya mereka mendapatkan tugas untuk menganalisis kepengurusan ROHIS SMAN 58 Jakarta. Tiap-tiap kelompok membagikan hasil analisis mereka kepada alumni. Analisis yang mereka presentasi berasal dari angket-angket yang mereka buat, dan juga mewawancarai beberapa guru dan pengurus. Setelah presentasi, hasil analisa tersebut di kritisi oleh peserta yang lain.

Setelah ISHOMA (Istirahat , sholat, makan) materi kedua disampaikan oleh Ka Rahmat Fajar, bersama beliau peserta diajak diskusi bagaimana menjadi seorang da’i militan (beuh.. berat nggak tuh, nggak kok.. santai dan asyik abis, pembawaan ka Ipan/Ka Rahmat Fajar yang easy going, hingga materi ini bisa diterima dengan bahasa yang membumi).

Ba’da ashar, Ka Dera (Angkatan 2005) selaku ketua ILUNI ROHIS 58 menjelaskan, sistem kerja dan juga seputar ke-ILUNI-an. Peserta diajak untuk mengetahui lebih banyak peran ILUNI ROHIS 58 untuk membimbing adik-adik @rohis58. Mereka pun sebelum nanti secara resmi masuk ILUNI ROHIS 58 di Bulan Juni, diberikan project sebuah event, yang secara konsep dan teknis diserahkan pada angkatan 2012 ini, bertujuan sebagai pelatihan atau adaptasi dengan kegiatan ILUNI ROHIS 58, dan dari project itu pula, teman-teman LTBANG+PSDM ILUNI ROHIS 58 dapat mengenal lebih dekat potensi dan kecocokan dalam staffing nanti. Project magang ini akan dibimbing langsung oleh Koordinator Badan Fungsional PSDM ILUNI ROHIS 58 yaitu Rahmat (angkatan 2009) dan Deajeng (angkatan 2010).

Acara LDKI ini diakhiri dengan kontemplasi oleh Adi (Angkatan 2010), dengan salah satu pernyataan yang membuat saya rada menohok :

Tak rela rasanya, ketika awal kita berjalan bersama, namun saat ditengah atau diakhir, tak lagi kutemukan kita dalam kebersamaan

kurang lebih seperti itu. ISTIQOMAH,, ISTIQOMAH,, ISTIQOMAH. Semoga Allah mudahkan langkah kaki kami, Allah kuatkan pundak kami, Allah lapangkan hati kami untuk terus berkontribusi tanpa henti, dimanapun dan kapanpun.

Jakarta, 9 Mei 2012

Iklan

Satu pemikiran pada “LDKI 2012

  1. bismillahirrohmanirrohiim
    assalamu’alaikum warohmatullohi wabarokatuh

    Rasulullah bersabda yang artinya : “Makanlah buah zaitun dan pakailah minyaknya karena ia berasal dari pohon yang diberkahi.” (Sunan At Tirmidzi 7/44, Shahih)

    ingin pakai minyak zaitun seperti Rosululloh ? yuk order ke :
    info dan pemesanan minyak zaitun,
    silahkan menghubungi ym : berkah.sunnah

    kami tidak hanya berdagang tetapi juga berdakwah

    wassalamu’alaikum warohmatullohi wabarokatuh
    alhamdulillahi robbil’alamiin.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s