SEPILIS?


ASPL1

SEPILIS?? Makanan apa itu? hehe.. apa yaa SEPILIS?

Apa yang ada dipikiran kamu kalau membaca atau mendengar kata “SEPILIS”? pernah tau kata ini dari mana? apakah pernah terlintas malah terbaca belibis? Haha.. itu mah saya, awalnya saya sekilas malah membaca SEPILIS dengan BELIBIS, aah.. pikiran saya ini cenderung banget sama makanan. Okey lanjut..

Sekitar tahun 2011, saya pertama kali menemukan kata ini, melalui bio akun twitter seorang teman, ia menyebutkan dalam bio-nya : anti SEPILIS. Apaan tuh? Saya berfikir-fikir, apa sih SEPILIS itu? kok beberapa akun twitter yang saya follow banyak yang mencantumkan anti SEPILIS di bio-nya. Hmm.. penasaranlah saya. Akhirnya saya dapat penjelasan itu setelah saya bertanya-tanya kepada ayah dan membacanya melalui link-link internet.

Jadi.. SEPILIS itu suatu singkatan dari Sekulerisme, Pluralisme, dan Liberalisme. Nah apa lagi itu? oke, kita bahas satu per satu yaa.. ini saya kutip dari buletin #IndonesiaTanpaJil yang saya minta di stand ProUmedia saat berkunjung di Islamic Book Fair 2013 🙂

Apakah SEKULERISME?

Sekulerisme agama adalah memisahkan urusan dunia dari agama; agama hanya digunakan untuk mengatur hubungan pribadi dengan Tuhan, sedangkan hubungan sesama manusia diatur hanya dengan berdasarkan kesepakatan sosial.

Ideologi ini meyakini bahwa peran agama harus terpisah dari kekuasaan negara dan pengelolaan negara tidak boleh diatur agama. Sekulerisasi adalah proses membatasi peran agama di ranah sosial-politik agar agama hanya menjadi ritual pribadi dan urusan masing-masing individu. Sekularisme agama adalah memisahkan urusan dunia dari agama; agama hanya digunakan untuk mengatur hubungan pribadi dengan Tuhan, sedangkan hubungan sesama manusia diatur hanya dengan berdasarkan kesepakatan sosial.

Apakah PLURALISME?

 Pluralisme agama adalah suatu paham yang mengajarkan bahwa semua agama adalah sama dan karenanya kebenaran setiap agama adalah relatif; oleh sebab itu, setiap pemeluk agama tidak boleh mengklaim bahwa hanya agamanya saja yang benar sedangkan agama yang lain salah.

Dalam prakteknya, Pluralisme jadi suatu ideologi lintas agama yang mencampur-aduk ajaran dari semua agama. Pluralisme ajarkan bahwa umat semua agama akan berdampingan di surga.

Apakah LIBERALISME?

Liberalisme agama adalah memahmi nash-nash agama (Al-Qur’an dan Sunnah) dengan menggunakan akal pikiran yang bebas; dan hanya menerima doktrin-doktrin agama yang yang sesuai dengan akal pikiran semata.

Menurut paham ini, al-Qur’an dan as-Sunnah harus tunduk pada akal dan manusia memiliki kebebasan mutlak, sehingga Tuhan pun tidak berhak untuk mewajibkan atau mengharapkan sesuatu atas manusia karena ketentuan wajib atau haram adalah pemasungan terhadap kebebasan Hak Azasi Manusia (HAM).

————-Nah, sudah mulai paham apa itu SEPILIS? coba perhatikan pengertian dari Sekulerisme, Pluralisme, dan Liberalisme? bagi orang yang berpendidikan dan beragama dengan baik dan benar. InsyaAllah akan geram dan siap-siap bertindak tegas untuk meluruskan pemahaman beragama yang salah itu.. saya sangat geram ketika membaca kicauan orang-orang SEPILIS yang bangga atas ke-bodoh-an mereka, seperti yang saya post di sini..

Saya sangat khawatir dengan generasi penerus saya kalau orang-orang SEPILIS ini tidak segera diluruskan pemahamannya. huft.. sungguh mengerikan >.< mereka mengaku ISLAMIC ACTIVISM tapi… seenaknya saja membuat argumen yang menghina-dinakan agama mereka sendiri.

Maka dari itu, saya sangat berbahagia ketika ada gerakan nasional #IndonesiaTanpaJIL yang menjadi penggerak melalui media sosial untuk melawan semua bentuk SEPILIS. Sejak awal 2012 mereka aktif berwara-wiri, tidak berdiam diri, dengan pemahaman tentang SEPILIS, mereka melawan dengan cara yang elegant terhadap akun-akun nyeleneh, nyin-nyir, dan seenak udel-ne aja,, ngomongin tentang hukum agama tanpa dalil yang jelas.

Semoga para #IndonesiaTanpaJil troops Allah berikan kesehatan untuk terus meluruskan pemahaman para aktifis SEPELIS, dan tak pernah lelah untuk melakukan banyak kegiatan edukasi meningkatkan pemahaman orang yang belum tahu menjadi tahu tentang SEPILIS yang tidak boleh dilestarikan di belahan bumi manapun.

Yuuk.. membentengi pikiran kita dari hal-hal yang mendekatkan diri pada ketidakbaikan.. 🙂

3 pemikiran pada “SEPILIS?

  1. Kalimat ini..
    “Pluralisme agama adalah suatu paham yang mengajarkan bahwa semua agama adalah sama dan karenanya kebenaran setiap agama adalah relatif; oleh sebab itu, setiap pemeluk agama tidak boleh mengklaim bahwa hanya agamanya saja yang benar sedangkan agama yang lain salah.”

    Saya sebenarnya masih dalam keadaan bertanya-tanya.
    Apakah sungguh surga hanyalah milik orang-orang yang beragama seperti saya?
    Lalu, bagaimana dengan orang-orang yang hidup di masa sebelum Al Qur’an dan Islam datang?

    Kemudian, bagaimana dengan orang-orang yang melakukan banyak hal baik dan bermanfaat untuk kehidupan & orang banyak, tapi dia tidak beragama Islam? Seperti misalnya para ilmuwan.

    Sedangkan tiap kita sholat di tahiyat akhir, setelah membaca syahadat, kita selalu membaca doa yang mendoakan keberkahan untuk keturunan Nabi Muhammad dan Ibrahim? Apakah semua keturunan Nabi Muhammad dan Ibrahim dijamin beragama Islam semua?

    Entah kenapa, saya sedikit merasa rendah diri dan takut untuk menjadi sombong, saya tak ingin sombong bahwa surga hanya untuk orang-orang yang beragama sama seperti saya. Saya tak ingin menganggap hanya golongan saya lah yang paling benar.

    Karena tanpa disadari atau tidak, ketika kita merasa bahwa diri kita dan golongan kita adalah yang paling benar, lalu menganggap golongan lain salah. Secara tak langsung itu sama saja dengan memicu perpecahan, perpecahan bisa menjadi pemicu peperangan juga.

    Bukankah?
    “… dan Kami menjadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku supaya kamu saling kenal mengenal…“(al-Hujurat: 13)
    ”..Dan Allah menghindarkan orang-orang Mukmin dari peperangan…” (al-Ahzab: 25)

    Hehe, sorry pertanyaan & opiniku kebanyakan 😀

    *saya bukan pendukung faham manapun di antara Sekular, Liberal atau Plural, ini hanya pemahaman saya sementara ini.

    • Mas,coba dibuka lagi kitab suci Al Quran’a. Siapa saja yg beriman kepada Allah swt,dia akan masuk surga,
      Nabi sebelum Muhammad juga mengajarkan bertauhid kepada Allah swt

      • Apakah bertauhid kepada Allah itu hanya terimplementasi jika orang itu masuk agama Islam?
        Berarti orang yang tidak mengenal Islam dari kecil dan dia tidak memeluk agama Islam, tapi dia berbuat kebaikan selama hidupnya, tidak akan masuk surga gitu?

Tinggalkan Balasan

